POHON KELAPA BERCABANG, MITOS, MISTIS SAMPAI KASIAT AIR KELAPANYA

Pohon kelapa bercabang atau Kelapa Bercabang menjadi salahsatu dari sekian banyak keunikan yang dimiliki Tanaman Kelapa. Dari Mitos tentang cerita mistis Kelapa Bercabang sampai bak barang antik yang banyak dikunjungi orang. Inilah cerita menarik dari beberapa Pohon kelapa Bercabang yang akan kita tuliskan untuk artikel hari ini.

POHON KELAPA BERCABANG

Kelapa Indonesia - Cerita pertama datang dari Tuban Bali, di areal salahsatu Hotel tertua di Bali ini memiliki sebuah Pohon kelapa Bercabang yang menjadi kunikan tersendiri dari Hotel bagus ini. Melihat Pohon kelapa Bercabang ini dari dekat menjadi sebuah hal yang aneh mengingat biasanya pohon Kelapa selalu dengan satu batang yang lurus menjulang.

POHON KELAPA BERCABANG 41 DI BALI


Datang dan menginaplah ke Hotel Patra Jasa Tuban di Kuta Bali ini. Lalu sempatkan untuk melihat sejenak hal yang terasa aneh disana. Apalagi jika anda datang ke area belakang Hotel ini pada saat waktu malam. Jangan lupa pula untuk membawa secangkir kopi sebagai teman santai anda di malam hari melihat Pohon kelapa Bercabang banyak ini.

Tidak ada keterangan pasti tentang usia dan kapan Pohon kelapa bercabang ini hidup. Hanya ada informasi yang kita dapat bahwa Pohon Kelapa ini ada sejak tahun 1972 dan mulai bercabang beberapa tahun kemudian. Wooo,, sudah lebih dari 40 tahun usia pohon ini pada saat Hotel ini masih bernama Pertamina Cottage.

Jumlah cabang dari Pohon Kelapa inipun masih menjadi sebuah misteri karena berkali-kali dihitung dan sudah banyak yang mencoba untuk menghitung, hasilnya selalu berbeda-beda. Hingga akhirnya bersama Musium Rekor Indonesia (MURI) menetapkan jumlah cabang Pohon kelapa bercabang ini adalah 41 Cabang.

Jumlah 41 cabang ini juga termasuk beberapa cabang yang sudah mati dicatatkan oleh Muri. Usia tua membuat Pohon ini semakin tampak tidak sehat, selain beberapa cabanh yang nyaris mengering, cabang-cabang lain juga memerlukan penyangga agar tidak patah dan cepat mati.

Kita semua berharap agar usaha untuk mempertahankan kelestarian Pohon Kelapa bercabang ini mendapatkan hasil yang bagus mengingat ini merupakan daya tarik yang banyak diminati pendatang lokal dan turis-turis disana. Soal cerita mistis dan berbagai hal lain menjadi sebuah bubu dalam meningkatkan nilai lebih Pohon Kelapa ini dimata pengunjung yang datang.

Menurut cerita salah satu karyawan hotel bernama Agus, awalnya tidak ada yang aneh pada pohon ini sebelum cerita menyebar soal seringnya ada karyawan yang kesurupan setelah berada di dekat pohon Kelapa bercabang ini. Hal ini semakin dipercaya ketika ada Turis luar negeri yang juga mengalami kesurupan dan tiba-tiba bisa berbicara bahasa daerah bali.

Cerita yang terus berkembang sampai ada informasi tentang Pohon kelapa bercabang ini dulunya adalah tempat bermain bangsa halus berupa Kera-Kera dan dayang-dayang dari Laut pesisir pantai di Kuta Bali. Sehingga dayang-dayang tersebut membuat tempat singgah berupa cabang-cabang Pohon kelapa tersebut.

Apapun cerita atau mitos yang berkembang hingga sekarang Pohon Kelapa Bercabang banyak tersebut menjadi pohon yang angker dan di anggap sakral, Pohon Kelapa bercabang adalah sebuah karya Tuhan yang patut mendapatkan perhatian lebih dan menjadi pelajaran yang bermanfaat akan karya agung dari yang maha kuasa.


POHON KELAPA BERCABANG 15 DI KEBUMEN


Setelah Bali, kini ada Pohon kelapa bercabang 15 di Kebumen jawa tengah. Pohon Kelapa milik pak Karyana ini juga tanpa ada penjelasan pasti mengapa sampai bisa bercabang sebanyak itu. Pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi itu secara berangsur nampak cabang-cabang baru hingga kini berjumlah 15 cabang.

Begitu tetangga melihat dan bercerita kepada tetangga sekitar Desa yang lain, mendadak Pohon kelapa Bercabang milik pak karyana ini menyebar cepat hingga ke daerah-daerah lain. Hampir sama dengan yang terjadi di tempat lain, cerita dan berbagai kisah pun muncul dengan sendirinya.

Para pengunjung berburu Air Kelapa Mudanya untuk diminum dan dijadikan sebagai pencuci wajah. Alkisah sebagai penolak bala dan penyembuh segala macam penyakit. Sesuatu keyakinan sejenak yang tidak bisa dihindari meskipun beberapa yang lain tidak serta merta mempercayai itu semua.

POHON KELAPA BERCABANG DUA DI ENREKANG SULAWESI SELATAN


Dari Bali dan Kebumen Jawa Tengah, mari kita terbang ke Enrekang Sulawesi Selatan sekitar 2 Jam perjalanan kendaraan darat dari Makasar. Sempatkan mampir kesana dan melihat salahsatu keunikan Pohon kelapa bercabang sebelum anda melanjutkan perjalanan menuju Tanah Toraja, wisata paling diminati di Sulawesi Selatan.

Amirudin pemilik Pohon kelapa bercabang dua ini beruntung dengan Pohon Kelapa bercabang yang tumbuh di kebunnya. Bukan hanya pak Udin ini semakin terkenal, tetapi Pohon kelapa ini selalu tumbuh dan menghasilkan Buah yang banyak. Kedua cabang nya sama-sama memberikan buah sehingga menghasilkan dua kali lipat Buah kelapauntuk pemiliknya.

Sejak Pohon kelapa ini tampak bercabang, banyak sekali orang yang ingin melihatnya termasuk wisatawan yang sedang melintas atau warga dari daerah lain di sekitar wilayah Enrekang. Keinginan untuk melihat langsung Pohon kelapa bercabang diikuti oleh beberapa mitos atau cerita tentang kasiat Buah kelapa bercabang yang banyak tersebar dari mulut ke mulut.

Rejeki pak Amirudin sebagai pemilik Kelapa Bercabang inipun bertambah. Buah Kelapa umum yang sering kita lihat dijualdengan harga 4000-5000, disini bisa berharga Rp.10.000/butir Kelapa Muda. Sangat laris karena Air kelapa Muda dari Pohon Kelapa Bercabang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan sebagai minuman Penolak bala.

Bahkan warga Desa Lebang, Cendana - Enrekang sendiri berharap agar Pohon kelapa bercabang ini dilestarikan sebagai salahsatu keunikan desa tersebut. Selain sudah menjadikan Desa ini sebagai desa kunjungan, warga juga mendapatkan desanya tampak ramai karena Pohon kelapa unik ini mendapat perhatian yang luar biasa dari berbagai kalangan.
Usaha pelestarian Pohon Kelapa bercabang oleh warga desa ini ta,pak jelas ketika mereka mempertahankannya dari rencana penebangan oleh Pemda setempat. Adanya kandungan Minyak Tinggi di tanak tersebut sempat memunculkan wacana penggusuran tanah untuk kepentingan observasi dan explorasi. Hal ini mendapat perlindungan dari warga setempat hingga pada akhirnya rencana penggusuran tidak sempat terjadi sampai sekarang.

POHON KELAPA BERCABANG


Dua buah kisah kecil tentang Pohon kelapa yang memberikan kita wawasan lebih dalam usaha semakin mencintai kekayaan alam yang bangsa Indonesia ini miliki. Bali dengan Pohon kelapa Bercabang 41 dan Enrekang dengan Pohon Kelapa bercabang Dua. Kedua nya adalah karunia Tuhan Yang maha Esa untuk menjadikan kita semakin mengagumi karya agung pencipta alam ini.

Lepas dari semua kisah, mitos atau kebenaran cerita yang terus berkembang ini, kita sebagai pencinta Tanaman Kelapa harus tahu dan menyempatkan diri berkunjung kesana meskipun hanya sekedar menikmati keunikan Pohon kelapa bercabang ini.

Mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa menjadi sedikit hiburan bagi kita dan menambah pengetahuan akan Tanaman Kelapa dari sisi yang berbeda. Tetap dengan cinta kita akan Kelapa Indonesia dan selalu dengan artikel-artikel lain yang tidak akan kalah bagus dari yang sekarang sedang kita buat. Yang mau datang ke Bali dan melihat Kelapa Bercabang disana, silahkan hitung jumlah cabangnya kemudian informasikan kepada kita semua.

INDUSTRI MINYAK VCO


Masih banyak lagi Pohon Kelapa Bercabang yang tersebar di Indonesia ini. Meskipun tidaklah lazim seperti Pohon kelapa pada umumnya, namun selalu ada keanehan dan cerita sendiri tentang masing-masing Pohon kelapa tersebut. Dari semua kisah yang ada, penting untuk menyadari itu semua bahwa beragam hal yang terjadi semata-mata hanya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan bukan atas cerita dan mitos seperti yang sering kita dengar.

Terimakasih Indonesia, Terimakasih Kelapa Indonesia - (All About the Indonesian Coconuts).

Artikel Terkait