KISAH INDUSTRI AIR KELAPA DAN NASIB PERKEBUNAN KELAPA DI RIAU

Peluang akan Kebutuhan Kesehatan dari Air kelapa ditangkap dengan baik oleh Riau Sakti United Plantation (RSUP). Menggunakan bahan pokok Air kelapa menjadi sebuah Minuman segar kelapa dengan label Hydro Coco. Sebuah Kisah Industri besar dengan pemanfaatan sumber daya Perkebunan Kelapa terluas di Indonesia

PERKEBUNAN KELAPA

INDUSTRI AIR KELAPA DIANTARA KEBUN KELAPA TERLUAS DI DUNIA


Terletak di Pulau Burung Riau yang dipenuhi oleh 18 Ha Kebun kelapa Hibrida, Industri Minuman Segar ini menangkap dengan baik peluang Minuman kesehatan yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang terutama di kota-kota besar. Begitu sampai di lokasi Perkebunan Kelapa terbesar ini, hilang sudah semua lelah setelah 6 jam semenjak terbang dari jakarta.

Disana tampak proses pekerjaan dari pengambilan Buah kelapa, transportasi hingga sampai ke Area pabrik. Sebuah Industri besar yang menggunakan Tanah Hak Guna Tanah Pemerintah ini mengerjakan hingga 500.000 butir Kelapa per hari. Dan hanya Air kelapanya saja yang dibutuhkan untuk keperluan Minuman segar ini. Selebihnya akan diolah oleh bagian lain.

MINUMAN SEGAR HYDRO COCO DARI AIR KELAPA MURNI


Perlu Tenaga kerja hingga 350 Orang untuk memisahkan Air Kelapa ini dari buahnya. Nantinya ini akan diteruskan ke Pulau Sambu yang mengolah Air kelapa ini menjadi Minuman Hydro Coco oleh Sambu Grup. Sebuah Perusahaan dengan luar area pabrik sampai 25 Ha dan mempekerjakan 6.500 Pegawai disana.

Dalam setahun, Industri Air kelapa ini memerlukan 13.750 Ton Air kelapa Murni yang nantinya akan menjadi 55 Juta kemasan Minuman segar dengan labek Hydro Coco yang kita kenal ini.Industri yang menggunakan Air kelapa tanpa bahan kimia dan bahan pengawet ini sudah menggunakan teknologi yang sudah teruji sehingga produk Minuman Segar nya bisa bertahan sampai waktu 1 tahun lamanya.

Di Sambu Grup sebagai Industri pengolah Air kelapa ini kami dapatkan Informasi yang bagus bagaimana Air kelapa ini diolah menjadi sebuah Produk yang bagus dan diminati oleh pasar sebagai Minuman kesehatan dengan rasa atau Aroma kentak Air kelapa Muda.


PROSES PRODUKSI AIR KELAPA MENJADI HYDRO COCO


  • Bahan baku Air Kelapa Murni yang sudah dipisahkan dari Tempurung nya
  • Untuk menjaga kualitas Airk kelapa agar tetap terjaga, Air kelapa ini didinginkan dengan temperatur tertentu
  • Teknologi Filtrasi akan memisahkan Air kelapa Murni dari unsur-unsur lain yang tidak diperlukan
  • Kemudian teknologi Filtrasi UHT akan men steril kan Air Kelapa tersebut
  • Air kelapa yang sudah steril kemudian disimpan didalam Tank Aseptik untuk siap masuk ke proses pengepakan.
  • Kemasan berbetuk tetraprisma ini diisi oleh Air kelapa yang sudah menjadi minuman segar dan disimpan dalam Inkubasi sebelum benar-benar dipasarkan.


Jadilah Minuman Segar dari Air kelapa Murni yang bisa kita dapatkan disetiap supermarket ini. Segar dan nikmat tanpa harus mengurangi kadar mineral dan kandungan kaya manfaat yang secara alami terkandung didalam Air kelapa. Sebuah pemanfaatan Air kelapa dalam skala industri besar yang berada diantara Perkebunan Kelapa terluas di dunia.

PETANI KELAPA DI PERKEBUNAN KELAPA INDARGIRI HILIR


Dari pulau Burung dan Pulau Sambu, sekarang kita berada di Indragiri Hilir, masih dengan Perkebunan kelapa terluas di Dunia ini. Sebuah kabupaten dengan luas area Perkebunan Kelapa sampai 500.000 Ha yang sebagian besar adalah milik masyarakat setempat. Lebih dari 100.000 KK disini menggangtungkan pendapatannya dari Hasil Panen Pohon Kelapa.

Disinilah timbul dilema seperti umumnya nasib Petani hasil bumi di negeri ini. Hasil panen yang tidak mendapat harga sepantasnya yang membuat Petani kelapa menjadi seperti surga di negeri orang. Padahal dengan hasil Buah yang terbatas di setiap Pohon kelapa, harga jual yang layak menjadi harapan yang sangat ditunggu oleh petani dan warga setempat.

Kendala dan kurangnya komunikasi antara petani dan pelaku bisnis besar membuat kesepakatan sulit untuk didapat. Harga sangat tergantung pada keputusan dari pembeli besar sedangkan pengolahan kelapa dengan cara lain masih belum dapat di andalkan. Jalan tercepat adalah dengan menjual Kelapa dalam bentuk Buah saja.

NASIB KEBUN KELAPA DITENGAH SERANGAN KELAPA SAWIT


Ketergantungan kepada pembeli besar membuat sebuah permasalahan sendiri yang harus di hadapi oleh Petani Kelapa. Daya tawar yang rendah dan kemampuan dalam menjual ke daerah lain masih belum bisa diharapkan dengan pasti. Belum lagi desakan oleh saudara kembar nya sendiri yaitu kelapa Sawit yang mulai mengusik pertumbuhan Kebun kelapa di sebagian besar wilayah Sumatra.

Selain Air kelapa, hasil Kopra juga masih belum mendapatkan tempat yang baik dari sisi bisnis dan perdagangan. 1 ha Perkebunan kelapa dengan hasil  500kg kopra hanya mampu memberikan penghasilan seadanya. harga kopra Rp.1,6 Juta/Ton. Padaha hasil dari Disnakertrans Kabupaten Indragiri Hilir tentang standart minimum Kebutuhan Hidup disana adalah Rp.1.500.000.

Sebuah Kondisi yang disinyalir akan meruntuhkan sektor Pertanian Pohon Kelapa di wilayah tersebut secara berkala. Apalagi dengan semakin tingginya pamor Kelapa Sawit sebagai ladang bisnis yang jauh lebih menjanjikan. Dari banyak segi hasil, harga dan volume panen, Kelapa Sawit memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Kebun kelapa ini. Bisa dilihat berapa luas Perkebunan Kelapa yang sudah berganti nama menjadi Perkebunan kelapa Sawit.

PERLU PERHATIAN KUSUS DARI PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR


Bentuk Pemerintah Daerah adalah mensejahterakan masyarakat dengan segala kondisi dan sumber alam yang tersedia.  Pemerintah setempat haruslah menjadi akomodator yang tepat antara Petani kelapa dan pembeli hasil Panen tersebut. Jadi sudah selayaknya jika Pemerintah Daerah memiliki instuisi yang baik pula tentang perdagangan dan bisnis yang berkembang menyangkut Sumber daya alam yang ada di daerah setempat.

Kebun Kelapa yang menjadi sandaran hidup sebagian besar warga Indragiri Hilir memberikan persoalan yang harus disikapi dengan baik dan secepat mungkin. Jika tidak, sistem perdagangan yang tidak terkontrol dengan baik akan berimbas langsung pada kesejahteraan warga dan kelangsungan perkebunan kelapa yang sekarang saja sudah semakin menipis.

Ketergantungan terhadap satu industri yang membuat perdagangan Kelapa ini mengarah ke bisnis yang tidak sehat. Kemungkinan lain mungkin bisa dilakukan dengan pengembangan baru melalui prioritas yang berbeda. Masih banyak peluang yang bisa dilakukan dengan hasil Kelapa ini seperti Industri Minyak vco | Virgin Coconut Oil yang masih sangat tinggi peluang serta pasar nya. Dan masih banyak lagi produk yang bisa di dapat dari Pohon kelapa ini.

MENJADIKAN KESULITAN SEBAGAI PELUANG INDUSTRI KELAPA

Sekali lagi ini adalah sebuah tantangan bagus dengan merubah kebiasaan yang ada menjadi sebuah peluang baru yang mungkin akan jauh lebih baik lagi untuk warga Indragiri hilir kususnya. Pohon sejuta manfaat yang hampir semua bagiannya bisa menjadi manfaat yang dahsyat bagi masyarakat kita semua.

Lalu kita semua berharap kepada seluruh element masyarakat yang menggeluti Perkebunan kelapa ini menjadi masyarakat yang makmur, sentausa dan berdiri dengan sumber daya alam yang mereka miliki. Produk jadi dari hasil kelapa ini bisa dilihat di bagian lain website Coconose.net sebagai bagian dari Pencinta Kelapa Indonesia.

PABRIK MINYAK VCO


Jadikan kesulitan sebagai sebuah peluang untuk hidup yang lebih baik. Salam buat seluruh warga Indragiri Hilir tercinta. Semua saran, pesan dan komentar bisa diajukan di kolom Komentar pada bagian bawah artikel ini. Terimakasih Indonesia, terimakasih Kelapa di negeri ini.

Coconose - All About Indonesian Coconuts

Artikel Terkait