INDUSTRI KOPRA KELAPA DAN PELUANG PASAR EXPORT

Indonesia adalah penghasil Kopra Kelapa terbesar kedua di dunia. Kopra ( Coconut Kopra ) sendiri adalah daging kelapa yang telah dikeringkan sebagai bahan baku pembuatan Minyak mentah dan beberapa produk lainnya seperti Margarine, Deterjen sampai bahan bakar Bio Diesel dan Pakan Ternak.

KOPRA BAHAN MINYAK KELAPA MENTAH


POTENSI BESAR KOPRA KELAPA INDONESIA


Beberapa proses pengeringan Kelapa menjadi Kopra akan menghasilkan Jenis Kopra Kelapa yang berbeda-beda. Dan kebanyakan export negara kita ke luar negeri adalah dalam bentuk CCO ( Crude Coconut Oil ) atau bahan baku Minyak Mentah yang berasal dari Kopra kelapa ini.

Potensi pasar Export yang tinggi membuat banyak Industri kecil sampai yang sangat besar bermain didalam bisnis ini dengan berbagai proses pengeringan yang berbeda. Hal ini dapat dipahami mengingat proses pembuatan Kopra Kelapa ini sangat tergantung dengan kemampuan masing-masing pembuatnya dan kapasitas yang mampu di capai.

Negara-negara Eropa yang hampir tidak ditumbuhi Pohon Kelapa dan kesadaran mereka pada kesehatan yang sudah tinggi, menjadi target export Kopra Kelapa yang luar biasa besar. Indonesia adalah salah satu peng-export terbesar Kopra dan CCO ( Crude Coconut Oil ) Minyak kelapa mentah kesana. Termasuk ke Negara-negara lain di Eropa.

Sebuah peluang yang masih dapat dikembangkan lagi mengingat Perkebunan kelapa di Indonesia yang sangat luas dan menghasilkan Kelapa dengan Kualitas baik. Juga masih banyak Perkebunan Kelapa di Indonesia yang masih berkutat dengan penggarapan secara tradisional dengan pemanfaatan buah kelapa secara apa adanya saja.

PASAR KOPRA DAN INDUSTRI  DI INDONESIA


Sementara itu, Nilai jual Kopra Kelapa di pasar likal juga terus meningkat akhir-akhir ini. Issue dan kesadaran masyarakat kita tentang kesehatan sudah banyak merubah perilaku penggunaan Minyak Kelapa dengan basis kelapa Sawit ke Minyak Kelapa biasa yang berasal dari buah Kelapa dan Kopra.

Cargill sebagai perusahaan raksasa yang memanfaatkan kekayaan Pohon kelapa di Indonesia bisa menajdi sebuah Role model dalam menggunakan Kopra kelapa ini didalam bisnisnya. Pengolahan Kopra di sebelah barat manado Sulawesi Utara ini memeiliki Produksi Minyak Kelapa dalam jumlah yang besar. Termasuk menggunakan ampas atau sisa pengolahannya menjadi produk sampingan yang tetap memiliki nilai jual.

Sisa atau ampas Kopra yang sudah diolah akan menghasilkan Bungkil kelapa atau Bungkil Kopra ( Kopra Expeller ). Selain menjadi komoditas Export ke negara-negara peternakan, Produk turunan ini pun masih bisa bernilai tinggi sebagai bahan baku Pakan Ternak dan Unggas.

Dan Bungkil atau sisa pengolahan Kopra Kelapa ini menjadi produk yang sangat dicari oleh Peternakan Sapi karena memiliki kadar protein dan mineral nabati yang masih sangat tinggi dibandingkan dengan bahan baku limbah industri lainnya.

Perihal tentang pemanfaatan Bungkil Kopra atau Ampas Kopra sebagai bahan baku Pakan Ternak yang baik akan kita bahas pada Artikel lain di website Coconose ini. Perlu beberapa bahasan lagi untuk mengupas Potensi Peternakan Indonesia ini dan peran indutrial nabati sebagai bagian dari unsur penunjang yang sangat penting.

PEMBUATAN KOPRA KELAPA MODERN


Secara umum proses pembuatan Kopra kelapa ini adalah sama. Dari pengupasan kulit kelapa, pelepasan Batok kelapa yang sudah banyak menggunakan alat modern yang intinya adalah mendapatkan buah Kelapa sebagai Calon Kopra Kelapa yang akan menuju proses Pengeringan.

Proses pengeringan Buah kelapa ini memiliki perbedaan di setiap tempat dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Sementara Industri besar yang sudah menggunakan teknologi dengan baik, mereka menggunakan Oven modern dalam proses pengeringan buah kelapa ini.

Sebagai hasilnya, proses pengeringan Kopra Kelapa modern ini mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik. Disebut sebagai Kopra Kelapa Putih atau Sale Kelapa Putih karena Kopra yang dihasilkan memiliki warna putih dan tidak gosong. Kopra Putih atau Sale Kelapa Putih ini mempunyai nilai jual yang lebih tinggi karena lebih bersih dan memiliki aroma serta kualitas yang lebih baik.

Keunggulan Kopra Putih ini dapat dilihat dari warna nya dan bau nya yang bebas dari jamur dan asap pembakaran atau pengeringan sehingga lebih disukai oleh industri Minyak Kelapa berbahan dasar Kopra Kelapa dan menghasilkan Minyak Kelapa yang lebih jernih. Kadar Air yang lebih rendah melaluli proses Oven ( 5%-6% ) dan aroma kelapa yang sangat dominan menjadi nilai lebih yang lain.

PEMBUATAN KOPRA KELAPA TRADISIONAL


Sedangkan cara pengeringan tradisional adalah dengan memanfaatkan panas matahari sebelum perkembangan teknologi pada industri ini sudah mengalami banyak perubahan yang significant. Secara perlahan cara tradisional sudah mulai bergeser kearah semi industri yang sudah banyak dikenal.

Cara yang sebelumnya dengan pemanasan Matahari, pembakaran, atau cara pengasapan untuk menghasilkan Kopra Kelapa Coklat sudah banyak ditinggalkan. Beberapa tahun terakhir ini mulai menggunakan sistem Tungku panas yang menyerupai sistem Oven Modern yang sudah dilakukan oleh Perusahaan-perusahaan besar.

Sebuah Copy Paste sistem produksi yang diterapkan dengan baik oleh pelaku-pelaku bisnis Kopra Kelapa ini. Tungku dengan tenaga LPG Gas menjadi pilihan yang terjangkau bagi petani Kopra. Berbentuk seperti Lemari dengan rak - rak di dalamnya, lalu menggunakan LPG sebagai sumber panas menjadi pilihan yang tepat.

Sistem pemanas Lemari tersebut terbukti memiliki banyak keunggulan dibanding dengan sistem pengeringan Kopra tradisional. Selain jauh lebih mudah dalam proses pengerjaannya, Sistem ini menghasilkan Kopra Kelapa dengan kualitas yang menyerupai Kopra hasil Oven Modern. Sehinnga diharapkan dapat meningkatkan harga jual dan mempertahankan kualitas Kelapa setelah proses pengeringan.

KENDALA PENGOLAHAN  KOPRA KELAPA DAN MINYAK KELAPA


Selain Industri Kopra Kelapa yang besar maupun yang kecil sampai ke tingkat paling bawah ini berjalan, masih lah banyak peluang yang belum tergarap dengan baik menyangkut Potensi Kopra Indonesia ini bauk di pasar domestik maupun pasar Export yang masih terbuka lebar.

Beberapa kendala Produksi Kopra Kelapa ini terjadi dan menjadi salahsatu penghambat minat industri-industri kecil dalam memulai menekuni bisnis ini. Terdesaknya lahan Pohon Kelapa oleh saudara kembarnya yaitu Kelapa Sawit semakin menipiskan stock Kelapa di beberapa daerah.

Dan kalaupun Buah Kelapa masih banyak, kendala utama terutama oleh Petani-petani Kopra Kelapa di daerah adalah bagaimana memasarkan Produk Kopra ini ke daerah lain yang membutuhkan atau ke Industri-industri Minyak Kelapa yang berada di sekitar lokasi pembuatan Kopra Kelapa tersebut. Minimkan sarana dan prasarana dalam penjualan ini juga menjadi kendala bagi Industri Minyak kelapa itu sendiri.

Mengapa masih sedikit sekali Industri Minyak Kelapa yang masih bertahan ?.
Berbagai issue dan gosisp yang menjatuhkan Minyak Kelapa sebagai konsumsi dan untuk keperluan Rumah tangga sudah benar-benar tergerus oleh kepentingan bisnis semata yang dijalankan oleh Kartel Bisnis Kelapa Sawit dalam 20 tahun terakhir ini.

CITA-CITA KOPRA KELAPA INDONESIA 


Kita semua berharap bahwa banyaknya kendala dalam mengolah Pohon Kelapa, Kopra Kelapa dan semua produk turunan dari Kelapa Indonesia ini, tidaklah cukup mampu dalam menahan perkembangan dan kemajuan Bangsa ini melalui Produk Kelapa nya. Perlindungan dari Pemerintah Daerah setempat sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan sumberdaya alam nya dalam program panjang demi kesejahteraan warganya.

Sebagai salahsatu Komoditas terbaik di dunia dari Indonesia ini, Kopra Kelapa kita sudah selayaknya menjadi bagian penting dari perkembangan bisnis dunia dan memiliki manfaat langsung bagi devisa negara yang tidak akan kalah dengan hasil dari Minyak Bumi.

INDUSTRI MINYAK VCO


Artikel singkat ini mudah-mudahan dapat memberikan sedikit semangat dan kemauan yang tinggi untuk mencintai Alam Indonesia dengan Kelapa nya ini. Semua saran, pertanyaan atau kritik bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah ini. Kami akan terus menuliskan ide dan gagasan kami tentang Kelapa Indonesia melalui website ini plus artikel-ertikel lain yang tidak kalah bagus.

Terimakasih sudah bergabung dengan Komonitas Kelapa Indonesia ini. Selalu dengan rasa cinta yang tidak akan pernah luntur pada bangsa ini melalui produk Kelapa dan semua hasil turunannya.

Coconose - All About Indonesia Coconuts

Artikel Terkait