BERBAGAI HAMA POHON KELAPA | LENGKAP DENGAN GAMBAR DAN AKIBAT KERUSAKAN YANG DITIMBULKAN

Hama Pohon Kelapa masih menjadi kendala yang berat bagi petani Kelapa di indonesia. Kesulitan dalam pengendalian dan sedikitnya informasi menjadikan hama Pohon Kelapa ini cenderung dibiarkan saja dengan potensi yang semakin berbahaya bagi Petani dan hasil perkebunan kelapa di Indonesia


KUMBANG KELAPA

HAMA POHON KELAPA DAN CARA PENCEGAHANNYA


Kelapa Indonesia - Dalam artikel yang masih konsisten mengulas tentang Pohon Kelapa Indonesia, kali ini akan kita jabarkan secara lengkap tentang Hama Pohon Kelapa | Hama Tanaman Kelapa yang paling sering kita lihat sebagai musuh para Petani kelapa dan merusak perkembangan Pohon Kelapa itu sendiri. Semoga Informasi sederhana dan singkat ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kita semua pecinta Pohon Kelapa di Indonesia.


1.Hama Pohon Kelapa Kumbang Kelapa | Kumbang Nyiur | Rhonoceros Beetle | Kumbang  Badak


Inilah hama utama pada Pohon Kelapa yang hidup hampir di sepanjang wilayah Indonesia ini. Kumbang Pohon Kelapa dewasa ini berbentuk seperti Bulat Telor yang kokoh berwarna coklat tua atau hitam. Jenis jantan memiliki cula atau tanduk satu dan betina dengan cula atau tanduk lebih kecil. Seperti badak sehingga sering disebut dengan Kumbang Badak.

Hama Pohon Kelapa | Kumbang Kelapa ini menyerang bagian pangkal daun Muda pada Pohon Kelapa semua umur dengan cara memberikan kotoran pada bakal daun kelapa yang masih belum berkembang sehingga bagian tertentu menjadi membusuk. Akibatnya pada saat daun kelapa ini mulai tumbuh dan melebar, akan tampak seperti potongan segitiga rapi dengan sebagian daun janur yang hilang.

Kumbang Kelapa sebagai Hama utama pada Pohon Kelapa di daerah tropis ini mengakibatkan Pelepah dan daun kelapa menjadi tidak tumbuh dengan smestinya. Hal ini sangat menurunkan kualitas produksi Daun dan pelepah pohon Kelapa hingga 50-60% selain juga mengurangi keindahan pohon Kelapa karena Daun yang tidak tumbuh secara sempurna.


2.Red Weevil | Serangga Merah | Kumbang Merah Pohon

SERANGGA KELAPA INDONESIA

Sedikit berbeda dengan Kumbang Badak diatas, Kumbang Merah ini menyerang Pohon Kelapa pada Batang atau Pohon nya. Selain memakan atau menggerogoti Batang Pohon kelapa, Kumbang Merah ini hidup dan mer-metamorfose didalam Batang pohon tersebut.

Kumbang Merah Hama Pohon Kelapa paling ganas ini Berbentuk lebih tipis dari dan sedikit lebih kecil dari Kumbang Badak, memiliki warna merah agak kuning dan gelap coklat atau kehitaman. Memiliki Tanduk atau Cula satu yang menghadap ke bawah sebagai alat untuk mengerat dan membuat lobang pada batang poho9n Kelapa.

Hama pohon Kelapa ini membuat rongga pada batang Pohon Kelapa sebagi tempat hidup dan bertelur dengan baik. Sekaligus sebagai rumah kepompong dan menjadikan Batang Pohon kelapa sebagai makanannya. Kita dapat mendeteksi keberadaan Ulat atau Kepompong Kumbang Merah ini dengan mendengarkan secara detail suara seperti mengerta yang terdengar di batang kelapa.

Akibat yang tampak oleh ulah Hama Pohon Kelapa ini terlihat jelas pada Batang Pohon yang berlobang dan sering tampak lendir kemerahan yang keluar dari batang Pohon. Jika sudah begitu, jelas didalam pohon tersebut sudah hidup Kumbang Merah dan keluarganya yang bersembunyi didalam Batang Pohon Kelapa.

Jika keberadaan hama Pohon Kelapa ini dibiarkan akan semakin mudah berkembang biak dan menjadikan Batang Pohon Kelapa ini semakin rapuh dan nantinya merusak kualitas Kelapa secara umum. Kayu Batang Kelapa ini uga tidak bisa dimanfaatkan dengan baik karena kualitas Batang yang buruk.

3. Hama Pohon Kelapa Larva Ulat | Black Catterpilar

HAMA KELAPA INDONESIA


Ulat pada Pohon Kelapa ini berbeda di setiap tempat sesuai dengan iklim dari tumbuhnya pohon Kelapa bersangkutan. Ulat Hama Kelapa ini Kebanyakan memiliki warna dasar hijau dengan Kepala coklat kemerah-merahan. Ciri khas dari ulat Hama Pohon Kelapa ini adalah bentuk tubuh dan garis warna yang jelas dan mudah dikenali.

Golongan larva ini menjadi musuh alami setiap Pohon Kelapa, menyerang Daun Pohon Kelapa segala usia. Membunuh hampir seluruh Daun Kelapa seperti membakarnya dengan nyaris sempurna. Beberapa kasus yang berat sampai menghanguskan seluruh Daun Kelapa di perkebunan Kelapa.

Ulat Hama Pohon Kelapa ini sering kita lihat ketika dalam bentuk Kepompong yang menempel pada bagian Daun Pohon Kelapa. Segeralah untuk membuang atau menjauhkan Kepompong ini agar tidak tumbuh dan berkembang lebih banyak lagi. Biasanya masa kepompong ini akan menjadi makanan bagi beberapa predator alam seperti laba-laba, Semut Merah atau beberapa jenis kumbang.

Penanggulangan Ulat Pohon Kelapa ini hanya bisa dilakukan dengan memangkas semua Daun Kelapa dan hanya meninggalkannya bagian yang paling muda saja. Pastikan Bakal Daun yang ditinggalkan masih segar dan belum terkena hama Kelapa ini. Sehingga ketika nanti tumbuh Daun baru, Daun tersebut sudah benar-benar aman dari Hama Kelapa.

4. Hama Pohon Kelapa Rayap Pohon Kelapa | Termite


Rayap Hama Pohon Kelapa ini berbentuk kecil seperti Semut merah yang memakan atau menggerogoti Batang Pohon Kelapa seperti kayu pada rumah anda. Memiliki usia hingga 12 Bulan dan bertelur dalam masa 1 bulan saja. Cepat berkembang biak dan bersifat hampir persis dengan rayam kayu rumah.

Pada tahap awal pembibitan Pohon Kelapa, Rayap ini sudah tumbuh dan merusaknya sehingga mengakibatkan Pohon layu dan sulit untuk tumbuh dengan baik. Pada batang pohon yang besar, Rayap ini akan memakan Serat pohon dan menjadikan permukaaan Batang Kelapa sebagai tempat hidup berupa serat pohon dan tanah sebagai rumahnya.

virgin coconut oil


Golongan Serangga Hama Pohon Kelapa ini kebanyakan menyerang bagian bawah Batang Pohon Kelapa yang dekat dengan tanah. Terutama pada Pohon Kelapa dengan media Tanah yang lembab atau basah. Reproduksi yang cepat melalui telur yangmenetas dengan baik menjadikan Rayap ini dapat menggerus Serat Batang Pohon Kelapa dengan sempurna.

Pencegahan Hama Pohon kelapa


Pencegahan kehidupan rayap kelapa atau Termite ini dapat dikurangi dengan menjauhkan atau membuang dengan segera Batang Pohon Kelapa sisa tebang yang masih berada di sekitar kebun Kelapa. Batang mati ini dapat menjadi rumah dan tempat reproduksi Rayap Pohin Kelapa dengan sangat baik.

Selain Hama Pohon Kelapa yang banyak kita temui seperti diatas, masih banyak lagi Hama Pohon Kelapa yang sering ditemui oleh pekebun Kelapa di Indonesia. Beda tempat maka akan beda pula Hama Pohon Kelapa yang tumbuh mengganggu kesehatan Kelapa.

Hama lain bisa menyerang Pohon kelapa terutama pada saat masa pembibitan dan sebelum Kelapa berumur 3 tahun. Seperti penyakit bercak pada Daun kelapa atau Daun Kelapa yang tiba-tiba membusuk yang disebabkan oleh Jamur atau Cendawan. Hal ini membutuhkan penyemprotan Pestisida yang tepat agar Daun Kelapa yang rusak tidak mengganggu pertumbuhan Pohon Kelapa yang baik.

Pada masa tumbuh Kuncup, Pohon kelapa juga sering mengalami pembusukan pada Kuncup tersebut. Biasanya disebabkan oleh cendawan yang sudah ada pada saat proses pembibitan benih. Usahakan untuk menjaga kelembaban media tanam pada saat proses pemyemaian agar Jamur tidak mudah tumbuh disekitar pohon kelapa yang masih Muda.

Penyakit yang sering muncul pada Pohon kelapa


Penyakit lain yang sering timbul adalah Pucuk Tunas yang membusuk ( Bud Rot). Masih disebabkan oleh Jamur dan menghalangi tumbuhnya Tunas daun Kelapa dengan baik. Hal ini uga berpotensi menjalar pada pangkal Batang Daun Kelapa yang sehat. Akibatnya, Buah-buah Kelapa yang masih muda akan mudah rontok dan gugur beserta seluruh mahkotanya.

Yang terakhir dari Artikel ini adalah Penyakit Layu pada seluruh bagian Pohon Kelapa. Penyebab utama adalah adanya Hama Pohon Kelapa berupa Bakteri yang menyerang hampir ke seluruh bagian Pohon Kelapa.

Layu akan secara tiba-tiba dimulai dari pucuk daun Pohon Kelapa seperti tersambar Petir. Menjalar hingga membuat seluruh Daun dan Batang Pelepah berguguran. Dan jika kondisi ini berlanjut, Pohon Kelapa akan mati dalam waktu 2 bulan saja.

Demikian Artikel tentang Hama Pohon Kelapa kali ini, dan akan terus kami updates dalam semua Hal tentang Pohon Kelapa Indonesia melalui artikel-artikel terbaik lainnya. Terimakasih sudah bergabung dengan Komonitas Pencinta Pohon kelapa Indonesia.

Coconose - All About The Indonesian Coconuts

Artikel Terkait