SEJARAH DAN ASAL USUL POHON KELAPA | IKLIM YANG TEPAT AGAR KELAPA BISA TUMBUH DENGAN BAIK

Sejarah Pohon kelapa Dunia dan iklim serta cuaca yang tepat dapat menjadikan Pohon kelapa ini tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah berkualitas yang baik pula.


POHON KELAPA


Asal usul dan Sejarah Pohon Kelapa di Dunia


Berbicara tentang Pohon kelapa selalu selalu teringat akan beberapa tempat yang indah di pantai yang tersebar di seluruh garis laut indonesia ini. Di mana kita dapat bersantai di bawah naungan Pohon kelapa hijau besar dengan daun yang melambai tertiup angin dan sinar matahari yang cerah.

Sebuah pohon Kelapa selalu dikaitkan dengan cinta, sesuatu yang melambangkan keindahan suasana tropis Alam di Indonesia. Sedangkan Pohon kelapa itu sendiri alkisah adalah menurut orang maladewa dianggap sebagai pohon nasional mereka.

Pohon kelapa (Cocos nucifera) adalah Sebuah pohon tropis besar yang menghasilkan buah kelapa dan berbagai macam manfaat yang bisa didapat dari pohon tersebut. Usia Pohon Kelapa sendiri tergolong tua dan dapat bertahan hingga 100 tahun dengan tinggi Pohon tumbuh hingga 98 kaki tingginya.

Jenis Jenis Pohon kelapa di Dunia


Tanaman Kelapa di wilayah tropis dapat berkembang hingga 13 kali setahun. Pohon ini memiliki batang tunggal kulit yang halus dan cincin-bekas luka. Daun menyirip bisa mencapai 13-20 kaki panjang. Mereka terdiri dari selebaran hijau terang linear-lanset. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan Daun dan batang Pohon kelapa tersebut.

Jumlah pohon-pohon Kelapa di berbagai tempat di seluruh dunia saat ini cukup mencolok. Ada lebih dari 150 jenis pohon kelapa di dunia yang umumnya bisa dibagi menjadi dua yaitu Pohon Kelapa kelompok yang tinggi dan kelompok kerdil. Tergantung pada sejauh mana tanahnya subur, Tempat tumbuhnya dimana dapat menghasilkan jumlah Buah dan kualitas yang berbeda.

Tumbuh di tanah yang sangat subur dan sesuai dengan karakter tanahnya, pohon kelapa yang tinggi dapat menghasilkan hingga 75 buah Kelapa per tahun, tetapi lebih sering tidak bisa melewati jumlah 30 Buah. Namun, untuk saat ini dapat dilihat ketinggian yang cukup besar dalam praktek budidayanya. Berbeda tenpat selalu memiliki perbedaan Jumlah, usia, besarnya Pohon kelapa dan kualitas Buah yang dihasilkan oleh Pohon kelapa tersebut.

Istilah ilmiah dan Sejarah pohon kelapa adalah Cocos nucifera.


Kata kelapa kemungkinan besar berasal dari Spanyol dan Portugis kata coco, yang memiliki arti "senyum", "Bulat Mulut" karena kemiripan besar dari buah kelapa untuk wajah manusia, atau kepala manusia, karena ada tiga lekukan kecil di shell buah. Nucifera, pada gilirannya, berasal dari bahasa Latin, dan berarti "kacang-bearing", di mana fero berarti "Saya memberikan" dan nux adalah "kacang".

Dalam bahasa Sansekerta, pohon kelapa menyandang nama kalpawreksa, yang berarti "pohon memberikan semua kebutuhan untuk hidup". Hal ini disebut seperti ini karena berbagai sifat yang berguna dan senyawa kelapa dan buahnya miliki.

Pohon-pohon kelapa tumbuh di hutan hujan tropis dan daerah subtropis. Pohon ini secara luas tersebar di Malaysia, Asia selatan, India, Amerika Selatan, Kepulauan Pasifik. Pohon memerlukan kondisi hangat cukup untuk pertumbuhan yang sukses, mereka tidak toleran terhadap suhu rendah dan tidak bisa tumbuh subur dalam cuaca dingin dan menghasilkan baik di bawah kondisi seperti itu. Di wilayah yang dingin dan salju,atau area es yang keras kemungkinan akan membunuh pohon Kelapa karena terlalu dingin suhu dan cuacanya.

Sedikit berbeda dengan Kelapa sawit yang lebih memilih daerah pesisir dengan tanah berpasir, dengan tingkat kelembaban yang tinggi dan curah hujan. Udara asin merupakan faktor kunci, juga. Untuk pertumbuhan yang baik tanaman juga perlu banyak sinar matahari. Tanah yang seperti ini jarang ditumbuhi kelapa dalam kondisi kelembaban rendah, bahkan meskipun suhu yang agak tinggi. 

Pertumbuhan Pohon Kelapa optimal dicapai dengan suhu rata-rata 81 F, sementara dengan suhu 70 F itu menjadikan Kelapa tidak dapat tumbuh subur dan tinggi. Agar Tumbuh dengan baik pohon kelapa membutuhkan suhu rata-rata 53-56 F setiap hari sepanjang tahun. Jumlah curah hujan melebihi angka 1000 mm per tahun. Disini sinar matahari langsung juga diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal dan buah yang kering dan kadar air rendah.

Di seluruh dunia pohon kelapa tumbuh di lebih di 80 negara. Pohon-pohon yang hampir tidak mungkin untuk dibudidayakan dalam kondisi kering, mereka membutuhkan irigasi konstan, atau daun baru tidak akan mengembang dan orang-orang cenderung menjadi kering-up, maka hasil didapat pun tidak akan bisa baik.


All About Coconuts ini mungkin dapat mengulas banyak tentang Sejarah Pohon kelapa dan semua produk Turunan dari kelapa. Jika ada saran dan Informasi bagus tentang Pohon Kelapa ini bisa di tulis di bawah kolom komentar. Dengan senang hati kami akan berdiskusi tentang Kelapa ini lebih bagus lagi.

Coconose - All About Indonesian Coconut

Artikel Terkait