CARA MEMBUAT KETUPAT DARI DAUN KELAPA | MANFAAT AYAMAN DAUN KELAPA

Membuat Ketupat Lebaran dari daun kelapa menjadi sebuah Ritual dan ketrampilan yang harus kita kuasai baik anak-anak maupun orang dewasa. Sungguh masa yang sangat indah bersama pada Moment menarik menyangkut berbagai manfaat Tanaman Kelapa Indonesia ini.

Berikut cara membuat Ketupat dengan praktis dan pasti mudah untuk diikuti.

KETUPAT LEBARAN

CARA MEMBUAT KETUPAT LEBARAN DARI DAUN KELAPA


Inilah salahsatu manfaat lain dari Pohon kelapa, yaitu mengunakan Daun kelapa setelah diambil Lidi nya kemudia dibuat sejenis ayaman menjadi sebuah Ketupat dari daun kelapa yang sering kita lihat. Ketupat atau kupat ini biasanya dibuat dihari-hari tertentu dan puncaknya ketika Hari Raya atau Lebaran.

Dalam menyambut hari raya umat muslim, biasanya masyarakat indonesia memiliki ciri khas tersendiri yaitu lontong ketupat atau Ketupat yang terbuat dari Daun kelapa. Ketupat Daun Kelapa adalah sebuah anyaman dari daun kelapa yang di isi beras yang kemudian dimasak.

Dalam hidangan ketupat biasanya lauk yang di gunakan adalah Opor ayam, namun banyak. Tapi banyak orang yang belum bisa menganyam ketupat, padahal membuat anyaman ketupat tidaklah sulit.




CARA MEMBUAT ANYAMAN KETUPAT DARI DAUN KELAPA


  • Siapkan terlebih dahulu dua helai daun kelapa.
  • Buanglah batang daun kelapa (batang daun kelapa bisa dijadikan sapu lidi).
  • Kemudian lilitkan satu helai daun kelapa pada telapak kanan tangan hingga 4 lilitan.
  • Kali ini lilitkan sehelai daun kelapa lagi pada telapak tangan kiri sebanyak 4 lilitan juga.
  • Lalu coba pastikan arah lilitan daun Kelapa pada tangan kiri dan tangan kanan anda memiliki arah yang berlawanan.
  • Sekarang pegang erat 2 lilitan pada tangan kanan dan kiri anda berdekatan, dan masukan ujung helai daun yang berlawanan seperti menganyam tikar.
  • Lanjutkan anyaman.
  • Lanjutkan anyaman hingga lilitan yang ke 4.
  • Apabila setiap lilitan telah selesai di anyam semua, anda akan memiliki ujung helai daun yang kecil mempunyai arah berlawanan dengan ujung helai daun Kelapa yang besar.
  • Kemudian lanjutkan seperti menganyam tikar dengan tarik ujung helai daun yang kecil, dan ambil ujung helai daun yang besar.
  • Kemudian teruskan anayaman pada ujung helai daun yang besar.
  • Kini anda menemukan kembali ujung helai daun yang kecil memiliki arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar.
  • Setelah itu Anyam ujung helai daun yang kecil ke arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar.
  • Yang terakhir rapihkanlah anyaman dengan menarik bagian helai daun yang masih kendur.
(baca:Coconut Oil Coffee - Kopi VCO nikmat dan sehat)

KETUPAT SEBAGAI SENI DAN KEBUDAYAAN


Membuat Ketupat menjadi sebuah kebiasaan yang bagus dimana orang-orang berkumpul bersama menunggu bedug mahgrib dan sama-sama membuat Ketupat dari Daun Kelapa untuk keperluan tepat di hari lebaran nanti. Bahkan Anak-anak kecil sudah harus bisa membuat Ketupat dengan berbagai bentuk dan variasi yang lucu dan unik.

Sampai pada malam sebelum Hari raya Idul Fitri, Ketupat dari daun Kelapa tersebut sudah harus matang dan tambah dengan Sayur lodeh yang disiapkan untuk Hidangan pagi setelah Sholat idul Fitri. Sungguh masa-masa yang sangat indah dengan rasa kekeluargaan yang masih sangat kental dikampung sana.

Terimakasih sudah bergabung dengan kelapa Indonesia dan bersama-sama mencintai kekayaan alam bangsa ini dengan ikut memahami segala dinamika tentang Kelapa Indonesia yang senantiasa menjadi milik kita.

Semua pertanyaan, saran, dan kritik bisa ditambahkan di kolom Komentar bagian bawah artikel ini. Dengan Anda semua kita akan terus sajikan hal-hal menarik soal tanaman Kelapa dan segala manfaat Pohon kelapa ini bersama-sama. Informasi lain perihal Tanaman dan Pohon Kelapa dapat dilihat di artikel lain pada Blog ini. Semoga menjadikan manfaat bagi kita bersama.

Coconose - All About Indonesian Coconuts

Artikel Terkait